Daftar Pembelian digunakan untuk menabah, menampilkan, mengubah dan menghapus transaksi pembelian.


Berikut adalah cara untuk melihat Daftar Pembelian: 

  1. Klik menu "Pembelian",



  1. Klik "Daftar Pembelian",


 


  1. Akan tampil halaman daftar pembelian seperti gambar dibawah ini,



Menambah data daftar pembelian:

  1. Klik tombol "Tambah Daftar Pembelian",



  1. Mulai masukkan informasi data daftar pembelian dengan cara klik tombol "Tambah Data" untuk memilih item yang akan dimasukkan,



  1. Pilih dan klik data yang akan dimasukan,



  1. Setelah itu klik tombol "Simpan" untuk menyimpan data.



Keterangan :

  • PPN : Berupa Pilihan Non, Include, Exclude.
    Non = Supplier tidak menerapkan pajak
    Include = Supplier menerapkan pajak pada barang tetapi barang tersebut sudah termasuk pajak.
    Exclude = Supplier menerapkan pajak pada barang tetapi barang belum termasuk pajak. Pajak ditambah pada total akhir semua barang.
    PPN dan nilai Pajak dapat dibuat secara default jika disetting pada master data supplier.
  • Potongan (%) : Akan dikenakan Sama rata pada tiap item yang dibeli.
  • Deposit : Pembayaran menggunakan Deposit yang telah di setor ke Supplier. Menambah deposit dapat dilihat pada menu Akuntansi.
  • Titip/DP : Adalah Jumlah uang Titipan atau DP (Down Payment) untuk pesanan kepada Supplier.


Mengubah data daftar pembelian :

  1. Pilih data dari daftar pembelian,
  2. Klik tombol "Edit" ,
  3. Lakukan perubahan data,



  1. Klik tombol "Batal" untuk membatalkan perubahan,
  2. Klik tombol "OK" untuk menyimpan perubahan.


Melihat detail akun kode perkiraan :

  1. Klik tombol "Detail",
  2. Maka akan muncul tapilan detail data.



Menghapus data daftar pembelian:

  1. Pilih salah satu data dari daftar pembelian,
  2. Klik tombol "Hapus" ,



  1. Klik tombol "Cancel" untuk membatalkan penghapusan data,
  2. Klik tombol "OK" untuk melanjutkan proses hapus data,
  3. Selesai.